Selasa, 18 Juni 2013

Cinta Sebagai Sahabat


            Sebut saja Doni namanya,bersekolah di SMP Negeri 1 Semarang, Jawa Tengah . Doni mempunyai teman sejawat , bernama Firman dan Rafa. Doni selalu bersama mereka , saat di kelas atau di eskul.
Namanya remaja itu tidak lepas dari yang namanya cinta. Dari awal masuk kelas 8 , Doni melihat teman barunya di kelas, bernama Shely . Shely itu orangnya cantik,pintar,dan lain sebagainya.  Pandangan pertama Doni cinta dengan Shely. Doni memang cinta dengan Shely, namun dia tidak berminat untuk pacaran, tidak ada yang namanya pacaran dalam kehidupannya .
 Ternyata orang yang Doni cintai itu berpaling darinya , rasa sakit melekat di hatinya. Sampai suatu ketika Shely mencintai teman dekatnya Doni,  yakni Firman. Doni mulai cemburu pada saat itu, dan yang paling sakitnya lagi Firman dan Shely jadian dan berpacaran. Hati Doni terasa terjun dari langit dan jatuh retak seketika. Doni cemburu dan hatinya berkata “Semoga Putus”.
Meski Doni tidak berpacaran dengan Shely, tapi Doni masih dekat sama dia, selalu bercanda, ngobrol-ngobrol. Hati Doni sudah tidak berkata lagi mereka putus. Setelah hampir sebulan, perkataan hati Doni benar, ternyata mereka putus, disebabkan Firman cemburu. Doni tidak tahu bahwa selama dia dekat dengan Shely ternyata Firman cemburu, dan Doni juga tidak mengharap lagi mereka putus.
Setelah beberapa hari putus, Doni belum mengungkapkan perasaannya  bahwa Doni cinta dengan Shely. Yang tidak diketahui Doni sebelumnya, ternyata Shely mencintai  teman sejawatnya Doni yang lain, yakni Rafa. Disini Doni tidak cemburu, entah kenapa.
Doni pernah mengungkapkan bahwa Doni mencintai Shely, dan yang paling membuat Doni terkejut, yang tidak pernah Doni ketahui sebelumnya ternyata Shely juga mencintai Doni . Hati Doni berdebar  dan akhirnya Doni dengan Shely hanya Sahabat-an biasa dan tidak berpacaran , karna memang tidak ada dalam kehidupan Doni yang namanya pacaran.
Sebelumnya Doni mencintai Shely, tapi sekarang dia mencintai teman dekatnya Shely, bernama Sania. Tapi Shely tidak cemburu, karena tidak ada hubungan apa-apa dengan Doni.  Anehnya ada temannya Doni yang tahu bahwa Doni mencintai Sania, padahal dia tidak pernah bicara ke siapapun sebelumnya. Mungkin ada salah seorang temannya Doni bernama Deni menyebarkan gosip tidak benar sewaktu Doni belum mencintai Sania. Tapi akhirnya terjadi juga bahwa Doni mencintai Sania.
Doni bingung kenapa dia mencintai Sania, padahal dari pertama masuk kelas 8 Doni pernah kesal sama dia. Doni diejek, karna rambutnya yang kasar, tapi itu hanya bercanda. “Tapi gak apa lah,lagipula itu candaan aja kok, karna dia gue jadi aktif di kelas,  yang tadinya diem-diem aja sekarang jadi aktif,  mana lagi gue dibilang judes sama dia”, Ungkap Doni.
Doni pernah cemburu pada Sania di saat acara Ulang Tahun temannya ,Doni melihat temannya , Rafa dibersihkan mukanya oleh Sania setelah mukanya terkena krim Kue Tar. Seakan terjun dari langit yang dirasakan Doni melebihi sewaktu dia cemburu dengan Shely, ada salah satu temannya Doni yang tahu bahwa dia mencintai Sania, salah satunya Wulan, pacarnya Firman yang baru. Dia bilang gini, “sabar ya Don”. Doni menjawab, “iya gue tau”. Perasaan gondok bercampur cemburu melekat di hatinya, hatinya sakit seakan jatuh dari langit dan retak seketika. Doni tidak pernah mengungkapkan bahwa dia mencintai Sania, tapi setelah beberapa lama dia mengungkapkan perasaannya ke Sania lewat sms bahwa Doni mencintainya.
Pertama kali Doni cinta dengan dua orang itu adalah cinta untuk memiliki. Sampai sekarang , Doni masih cinta dengan keduanya, tapi bukan diartikan cinta untuk memiliki, melainkan cinta sebagai sahabat.  “Gue lebih nyaman cinta sebagai sahabat daripada cinta untuk memiliki, karna cinta untuk memiliki hanya membuat galau, galau , dan galau”, ungkap Doni.
Dan akhirnya sahabat-sahabat Doni yang dicintai itu sampai sekarang menjadi sahabat baiknya, sahabat setianya. Dia mencintai sahabatnya  , bukan berarti dia harus memiliki mereka. Karna  Cinta sejati itu bukanlah bagaimana cara kita untuk memiliki seseorang yang kita sayangi. Akan tetapi bagaimana cara kita membahagiakan dan menjaga kehormatan serta memuliakannya.


~TAMAT~